Pasang Lampu Hid Di Vario 150
Pasang Lampu Hid Di Vario 150
Kiat motor : metode memasang lampu HID pada motor yang benar supaya aman dan awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen atau pun lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yang dihasilkan oleh lampu HID ini lebih jelas diperbandingkan lampu halogen dan lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang menerapkan serta mengaplikasikan lampu HID ini, terutama seAndainya bikers kerap berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini sangat membantu guna menerangi jalanan dikala malam hari.
Tetapi sebab pemasangan yang tidak sesuai prosedur serta kurang memperhatikan situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tidak awet dan malah dapat merusak komponen kelistrikan yg lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yg perlu diamati ialah sistem kelistrikan apakah halfwave atau fullwave.
Jika kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tidak mudah tekor serta arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan metode kelistrikan yg mensupport serta suplay arus yang juga menunjang maka lampu HID bisa bekerja optimal & awet tentunya.
Cara pemasangan lampu HID yang benar guna motor injeksi & motor yg belum injeksi sebetulnya sama. Bila kelistrikan masih memakai sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih turut rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave adalah AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan telah full DC yg membuat aki tak tekor.
Alternative cara yang dapat dijalankan guna merubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan mengaplikasikan kiprok punya Honda tiger. Kecuali merubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek kondisi dari aki.
Cek tegangan aki jikalau kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Melainkan jika telah tak memungkinkan untuk digunakan kembali ganti aki dengan yang baru karena mau menggunakan HID pilih aki dengan ukuran yang sama namun dengan AH yg lebih besar.
Tak keok penting ialah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg menerapkan teknologi AHO maupun automatic headlamp on. Hal ini dimaksudkan agar beban kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Kalau tidak memodifikasi fitur ini karenanya bobot baterai ketika melakukan stater cukup besar karena selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh jikalau ini terus diperkenankan karenanya aki akan kencang tekor meskipun sudah menerapkan cara kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID untuk keperluan harian perlu melihat ballast serta lampu HID yang akan diaplikasikan. guna ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan maksimal ballast yang diaplikasikan 55 watt. Apabila sobat menggunakan ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak tahan dan bisa leleh.
untuk pemilihan lampu dapat menggunakan lampu HID dengan ukuran 4300 K dan optimal lampu HID yang digunakan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas apabila mengaplikasikan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector dapat keok serta menglupas yang mebuat cahaya menjadi tidak konsentrasi.
untuk memaksimalkan sirkulasi udara karenanya lubang peredaran yang berada diheadlamp dilepas serta diganti dengan busa. Hal ini dialamatkan agar panas yang dibuat didalam headlamp pesat dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan khususnya dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dialamatkan supaya tegangan aki yang drop sebab diaplikasikan untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat berkeinginan mematikan mesin matikan lampu terlebih dulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dialamatkan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yg tidak tekor & keawetan dari lampu HID sendiri maka beberapa hal penting yg perlu diperhatikan saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diperhatikan saat memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yg menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu & ballast yg diterapkan.
- Keempat, memaksimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada saat keadaan yg benar dan mematikan lampu HID pada dikala yg benar pula pantas dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian tips metode memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi /pun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman apabila upgrade penerangan ke HID namun akan lebih mantab jika HID ini dipadukan dengan projector karena sinar akan kian focus & tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update kiat dan trik terupdate seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar