Cara Pasang Lampu Hid Motor Beat Karbu
Cara Pasang Lampu Hid Motor Beat Karbu
Tips motor : sistem memasang lampu HID pada motor yang benar agar aman & awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen maupun lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yang diwujudkan oleh lampu HID ini lebih terang diperbandingkan lampu halogen dan lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg menerapkan serta memakai lampu HID ini, khususnya apabila bikers sering kali berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini betul-betul membantu untuk menerangi jalur saat malam hari.
Tetapi karena pemasangan yg tidak layak prosedur serta kurang mengamati keadaan kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tidak awet serta malahan dapat merusak bagian kelistrikan yg lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yg perlu dipKamung adalah metode kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Jika kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tidak mudah tekor dan arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan metode kelistrikan yang mensupport serta suplay arus yg juga menyokong maka lampu HID dapat berprofesi optimal serta awet tentunya.
Sistem pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi serta motor yang belum injeksi sebenarnya sama. Sekiranya kelistrikan masih mengaplikasikan sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh sistem kelistrikan halfwave ialah AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan sudah full DC yang membikin aki tak tekor.
Alternative metode yg dapat dijalankan guna merubah sistem kelistrikan dari halfwave ke fullwave yakni dengan mengaplikasikan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah metode kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki sekiranya kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Tetapi apabila sudah tak memungkinkan untuk digunakan kembali ganti aki dengan yang baru karena mau memakai HID pilih aki dengan ukuran yang sama melainkan dengan AH yg lebih besar.
Tak kalah penting yaitu pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang memakai teknologi AHO maupun automatic headlamp on. Hal ini ditujukan supaya beban kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Kalau tak memodifikasi fitur ini karenanya bobot baterai saat mengerjakan stater cukup besar karena kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh bila ini terus diperbolehkan maka aki akan pesat tekor sedangkan sudah memakai sistem kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID untuk kebutuhan harian perlu mengamati ballast dan lampu HID yg akan diaplikasikan. untuk ballast sebaiknya menerapkan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan optimal ballast yang dipakai 55 watt. Sekiranya sobat memakai ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung & dapat leleh.
guna pemilihan lampu bisa memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K dan maksimal lampu HID yg diterapkan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas apabila menggunakan lampu diatas 6000 K karenanya mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector bisa kalah dan menglupas yang mebuat cahaya menjadi tidak konsentrasi.
guna mengembangkan sirkulasi udara karenanya lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas dan diganti dengan busa. Hal ini dialamatkan supaya panas yg dihasilkan didalam headlamp pesat dibuang dengan mengoptimalkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Kiat ketika menghidupkan mesin motor matikan lebih-lebih dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dialamatkan supaya tegangan aki yg drop karena diaplikasikan guna stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula ketika berkeinginan mematikan mesin matikan lampu terutama dulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini ditujukan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yang aman bagi kelistrikan motor, aki yg tak tekor dan keawetan dari lampu HID sendiri karenanya sebagian hal penting yang perlu dilihat saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diperhatikan dikala memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yang menggunakan fitur AHO.
- Ketiga, memperhatikan spesifikasi lampu dan ballast yg diterapkan.
- Keempat, memaksimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada dikala kondisi yg benar & mematikan lampu HID pada saat yg benar pula sesuai dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian tips sistem memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman apabila upgrade penerangan ke HID melainkan akan lebih mantab jikalau HID ini dipadukan dengan projector karena sinar akan kian focus & tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update tips & trik terbaru seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar