Pasang Lampu Hid Tanpa Ballast
Pasang Lampu Hid Tanpa Ballast
Tips motor : metode memasang lampu HID pada motor yg benar supaya aman & awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen / lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yang diwujudkan oleh lampu HID ini lebih terang diperbandingkan lampu halogen & lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang menggunakan serta memakai lampu HID ini, lebih-lebih seAndainya bikers sering berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini amat membantu guna menerangi jalanan saat malam hari.
Tetapi sebab pemasangan yang tidak pantas prosedur dan kurang memperhatikan kondisi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet dan malah dapat merusak bagian kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yg perlu diperhatikan yakni cara kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Kalau kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tak mudah tekor & arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan sistem kelistrikan yg mensupport serta suplay arus yang juga menyokong maka lampu HID bisa bekerja optimal serta awet tentunya.
Cara pemasangan lampu HID yang benar untuk motor injeksi serta motor yang belum injeksi sebenarnya sama. Kalau kelistrikan masih mengaplikasikan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh sistem kelistrikan halfwave yaitu AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yang dihasikan sudah full DC yg membikin aki tak tekor.
Alternative metode yg bisa dikerjakan untuk merubah metode kelistrikan dari halfwave ke fullwave yakni dengan menerapkan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki apabila kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Namun jikalau sudah tidak memungkinkan guna digunakan kembali ganti aki dengan yg baru sebab mau menerapkan HID pilih aki dengan ukuran yg sama namun dengan AH yang lebih besar.
Tak kalah penting merupakan pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang menggunakan teknologi AHO atau pun automatic headlamp on. Hal ini dimaksudkan agar bobot kelistrikan pada baterai saat pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Sekiranya tak memodifikasi fitur ini karenanya bobot baterai ketika melakukan stater cukup besar karena selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh jikalau ini terus diperkenankan karenanya aki akan pesat tekor meski sudah mengaplikasikan metode kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID untuk keperluan harian perlu melihat ballast dan lampu HID yang akan dipakai. guna ballast sebaiknya mengaplikasikan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt & optimal ballast yang dipakai 55 watt. Jika sobat menggunakan ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak bendung dan bisa leleh.
untuk pemilihan lampu bisa memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K serta optimal lampu HID yang diterapkan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas sekiranya menerapkan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector dapat keok dan menglupas yg mebuat cahaya menjadi tak konsentrasi.
untuk memaksimalkan peredaran udara karenanya lubang peredaran yang berada diheadlamp dilepas serta diganti dengan busa. Hal ini ditujukan agar panas yg dihasilkan didalam headlamp kencang dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Kiat dikala menghidupkan mesin motor matikan terutamanya dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dimaksudkan supaya tegangan aki yang drop karena diterapkan guna stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula ketika berkeinginan mematikan mesin matikan lampu terutama dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dialamatkan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yang aman bagi kelistrikan motor, aki yg tidak tekor & keawetan dari lampu HID sendiri karenanya sebagian hal penting yang perlu dilihat ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diperhatikan saat memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tidak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yg menggunakan fitur AHO.
- Ketiga, memperhatikan spesifikasi lampu serta ballast yg diaplikasikan.
- Keempat, mengembangkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika situasi yang benar serta mematikan lampu HID pada dikala yang benar pula layak dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian tips metode memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman apabila upgrade penerangan ke HID tetapi akan lebih mantab kalau HID ini dipadukan dengan projector sebab cahaya akan kian focus & tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update tips dan trik terkini seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar