Cara Pasang Lampu Hid Motor Vario 125
Cara Pasang Lampu Hid Motor Vario 125
Kiat motor : sistem memasang lampu HID pada motor yang benar agar aman dan awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen maupun lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yg diwujudkan oleh lampu HID ini lebih jelas dibandingi lampu halogen dan lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang menggunakan & menggunakan lampu HID ini, terutamanya kalau bikers acap kali berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini sangat menolong guna menerangi jalur ketika malam hari.
Melainkan karena pemasangan yang tak pantas prosedur & kurang melihat keadaan kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tidak awet serta malahan bisa merusak komponen kelistrikan yang lainnya. guna memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu diperhatikan ialah metode kelistrikan apakah halfwave atau pun fullwave.
Apabila kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tak mudah tekor dan arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan sistem kelistrikan yg mensupport serta suplay arus yang juga menyokong maka lampu HID dapat bekerja optimal serta awet tentunya.
Cara pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi serta motor yg belum injeksi sebetulnya sama. Kalau kelistrikan masih mengaplikasikan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh sistem kelistrikan halfwave adalah AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yg dihasikan sudah full DC yg membuat aki tak tekor.
Alternative metode yang dapat dilakukan untuk mengubah sistem kelistrikan dari halfwave ke fullwave merupakan dengan memakai kiprok punya Honda tiger. Kecuali merubah metode kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek kondisi dari aki.
Cek tegangan aki jika kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Namun apabila telah tak memungkinkan untuk digunakan kembali ganti aki dengan yg baru sebab berharap memakai HID pilih aki dengan ukuran yang sama melainkan dengan AH yang lebih besar.
Tidak keok penting adalah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang memakai teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini ditujukan agar bobot kelistrikan pada baterai dikala pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Bila tidak memodifikasi fitur ini maka muatan baterai dikala melakukan stater cukup besar sebab kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh jikalau ini terus dibiarkan karenanya aki akan pesat tekor walaupun telah memakai cara kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID untuk kebutuhan harian perlu memperhatikan ballast serta lampu HID yg akan digunakan. guna ballast sebaiknya mengaplikasikan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt serta optimal ballast yg digunakan 55 watt. Jika sobat mengaplikasikan ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung & dapat leleh.
untuk pemilihan lampu dapat menerapkan lampu HID dengan ukuran 4300 K dan optimal lampu HID yg diterapkan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas kalau memakai lampu diatas 6000 K karenanya mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector bisa kalah dan menglupas yang mebuat sinar menjadi tidak fokus.
untuk memaksimalkan sirkulasi udara maka lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini dialamatkan supaya panas yg dijadikan didalam headlamp cepat dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Kiat dikala menghidupkan mesin motor matikan khususnya dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dimaksudkan supaya tegangan aki yang drop karena diterapkan untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat berkeinginan mematikan mesin matikan lampu terlebih dahulu baru kemudian mesin motor dimatikan, hak ini dimaksudkan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yg tak tekor & keawetan dari lampu HID sendiri karenanya beberapa hal penting yang perlu dipAndang saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diperhatikan saat memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yg menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu serta ballast yg diterapkan.
- Keempat, memaksimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika kondisi yang benar serta mematikan lampu HID pada ketika yg benar pula layak dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian tips metode memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman jikalau upgrade penerangan ke HID melainkan akan lebih mantab apabila HID ini dipadukan dengan projector karena sinar akan semakin focus serta tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update tips dan trik terbaru seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar