Cara Pasang Lampu Hid Di Motor Grand
Cara Pasang Lampu Hid Di Motor Grand
Kiat motor : metode memasang lampu HID pada motor yang benar supaya aman serta awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen maupun lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yang dijadikan oleh lampu HID ini lebih terang diperbandingkan lampu halogen dan lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang memakai & menerapkan lampu HID ini, terutamanya jikalau bikers kerap kali berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini sangat menolong untuk menerangi trek ketika malam hari.
Namun sebab pemasangan yang tidak sesuai prosedur dan kurang mengamati situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet dan pun bisa merusak bagian kelistrikan yg lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yg perlu dilihat yakni metode kelistrikan apakah halfwave atau pun fullwave.
SeKamuinya kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tidak gampang tekor dan arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan sistem kelistrikan yang mendukung serta suplay arus yang juga menunjang karenanya lampu HID dapat bekerja maksimal dan awet tentunya.
Metode pemasangan lampu HID yg benar guna motor injeksi dan motor yang belum injeksi sesungguhnya sama. Bila kelistrikan masih menggunakan sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave merupakan AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan telah full DC yang membikin aki tidak tekor.
Alternative cara yang dapat dilakukan guna mengubah sistem kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan mengaplikasikan kiprok punya Honda tiger. Selain merubah cara kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek keadaan dari aki.
Cek tegangan aki kalau kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Namun sekiranya telah tak memungkinkan untuk digunakan kembali ganti aki dengan yang baru sebab berkeinginan mengaplikasikan HID pilih aki dengan ukuran yg sama tapi dengan AH yg lebih besar.
Tak keok penting merupakan pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg menggunakan teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini dimaksudkan agar bobot kelistrikan pada baterai saat pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Jika tak memodifikasi fitur ini karenanya bobot baterai dikala melaksanakan stater cukup besar karena selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh bila ini terus diperbolehkan maka aki akan pesat tekor sedangkan sudah memakai sistem kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID guna kebutuhan harian perlu memperhatikan ballast & lampu HID yg akan dipakai. untuk ballast sebaiknya menggunakan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt serta optimal ballast yang diterapkan 55 watt. Apabila sobat mengaplikasikan ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung dan bisa leleh.
guna pemilihan lampu dapat menggunakan lampu HID dengan ukuran 4300 K serta optimal lampu HID yang diterapkan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas sekiranya menerapkan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector bisa kalah serta menglupas yang mebuat sinar menjadi tidak fokus.
untuk memaksimalkan peredaran udara karenanya lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini dialamatkan agar panas yang diciptakan didalam headlamp kencang dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips saat menghidupkan mesin motor matikan terpenting dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan supaya tegangan aki yang drop sebab dipakai untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula ketika mau mematikan mesin matikan lampu terpenting dahulu baru kemudian mesin motor dimatikan, hak ini dialamatkan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yg tidak tekor & keawetan dari lampu HID sendiri karenanya beberapa hal penting yang perlu diamati saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yang perlu dilihat dikala memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik serta tegangan arus tidak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yang menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu & ballast yang diaplikasikan.
- Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada dikala situasi yg benar & mematikan lampu HID pada ketika yang benar pula sesuai dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian kiat metode memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan meniru tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman jikalau upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab kalau HID ini dipadukan dengan projector sebab cahaya akan kian focus & tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update tips serta trik terbaru seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar