Lampu Hid Motor Bebek
Lampu Hid Motor Bebek
Kiat motor : cara memasang lampu HID pada motor yang benar agar aman serta awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen atau pun lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yang dijadikan oleh lampu HID ini lebih terang dibandingi lampu halogen serta lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg memakai dan mengaplikasikan lampu HID ini, lebih-lebih kalau bikers sering kali berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini betul-betul membantu guna menerangi trek saat malam hari.
Melainkan sebab pemasangan yang tidak cocok prosedur & kurang melihat situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet serta bahkan dapat merusak bagian kelistrikan yg lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yg perlu diperhatikan yakni sistem kelistrikan apakah halfwave atau fullwave.
Apabila kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tak mudah tekor serta arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan metode kelistrikan yang mendorong serta suplay arus yg juga mendorong maka lampu HID bisa bekerja optimal serta awet tentunya.
Cara pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi & motor yang belum injeksi sesungguhnya sama. Kalau kelistrikan masih menerapkan sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih turut rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave ialah AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yg dihasikan sudah full DC yang membuat aki tidak tekor.
Alternative sistem yang dapat dilakukan untuk mengubah metode kelistrikan dari halfwave ke fullwave yakni dengan memakai kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah metode kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek kondisi dari aki.
Cek tegangan aki seAndainya kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Tetapi apabila telah tak memungkinkan untuk diaplikasikan kembali ganti aki dengan yang baru karena ingin menggunakan HID pilih aki dengan ukuran yg sama tapi dengan AH yang lebih besar.
Tak keok penting merupakan pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg mengaplikasikan teknologi AHO atau pun automatic headlamp on. Hal ini dialamatkan supaya bobot kelistrikan pada baterai dikala pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Sekiranya tak memodifikasi fitur ini karenanya muatan baterai saat melaksanakan stater cukup besar sebab selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh kalau ini terus dibolehkan maka aki akan pesat tekor meskipun sudah menerapkan metode kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID untuk kebutuhan harian perlu mengamati ballast dan lampu HID yang akan digunakan. untuk ballast sebaiknya menerapkan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt & optimal ballast yang diaplikasikan 55 watt. Jikalau sobat mengaplikasikan ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak bendung dan dapat leleh.
untuk pemilihan lampu dapat memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K dan maksimal lampu HID yg diaplikasikan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas jikalau memakai lampu diatas 6000 K karenanya mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector bisa keok dan menglupas yang mebuat sinar menjadi tak konsentrasi.
guna mengembangkan sirkulasi udara maka lubang peredaran yang berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini dialamatkan supaya panas yang diciptakan didalam headlamp kencang dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan khususnya dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yg drop sebab diterapkan untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat ingin mematikan mesin matikan lampu terlebih dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dimaksudkan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yang aman bagi kelistrikan motor, aki yang tidak tekor serta keawetan dari lampu HID sendiri karenanya beberapa hal penting yang perlu dilihat ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu dipKamung dikala memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yang mengaplikasikan fitur AHO.
- Ketiga, melihat spesifikasi lampu & ballast yg dipakai.
- Keempat, mengembangkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada saat kondisi yg benar & mematikan lampu HID pada saat yang benar pula sesuai dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian kiat metode memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman jika upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab apabila HID ini dipadukan dengan projector sebab sinar akan kian focus & tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update tips serta trik terupdate seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar