Cara Pasang Lampu Hid Vario 125
Cara Pasang Lampu Hid Vario 125
Tips motor : metode memasang lampu HID pada motor yang benar supaya aman & awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen atau lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yg dijadikan oleh lampu HID ini lebih terang diperbandingkan lampu halogen dan lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang menggunakan dan menerapkan lampu HID ini, lebih-lebih apabila bikers acap kali berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini sangat membantu guna menerangi trek saat malam hari.
Tapi karena pemasangan yg tidak layak prosedur & kurang memperhatikan situasi kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tidak awet & pun dapat merusak komponen kelistrikan yg lainnya. guna memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yang perlu diperhatikan yakni cara kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Jika kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tidak mudah tekor dan arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan cara kelistrikan yang mensupport serta suplay arus yg juga menyokong karenanya lampu HID dapat berprofesi optimal serta awet tentunya.
Metode pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi dan motor yang belum injeksi sebenarnya sama. SeAndainya kelistrikan masih menerapkan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh sistem kelistrikan halfwave yaitu AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yg dihasikan telah full DC yang membuat aki tak tekor.
Alternative metode yang dapat dilaksanakan guna merubah sistem kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan menerapkan kiprok punya Honda tiger. Kecuali merubah cara kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek kondisi dari aki.
Cek tegangan aki seAndainya kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Melainkan jika telah tidak memungkinkan untuk digunakan kembali ganti aki dengan yg baru sebab ingin menggunakan HID pilih aki dengan ukuran yang sama melainkan dengan AH yang lebih besar.
Tak kalah penting ialah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg menerapkan teknologi AHO maupun automatic headlamp on. Hal ini dimaksudkan agar beban kelistrikan pada baterai saat pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Sekiranya tak memodifikasi fitur ini maka bobot baterai ketika melakukan stater cukup besar sebab kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh sekiranya ini terus dibolehkan maka aki akan cepat tekor sedangkan telah menerapkan metode kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID guna keperluan harian perlu memperhatikan ballast dan lampu HID yg akan diaplikasikan. untuk ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt & maksimal ballast yg diaplikasikan 55 watt. Jika sobat memakai ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak tahan & bisa leleh.
untuk pemilihan lampu dapat menggunakan lampu HID dengan ukuran 4300 K serta optimal lampu HID yang diaplikasikan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas sekiranya menggunakan lampu diatas 6000 K karenanya mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector bisa kalah & menglupas yg mebuat cahaya menjadi tidak konsentrasi.
untuk memaksimalkan peredaran udara maka lubang sirkulasi yg berada diheadlamp dilepas serta diganti dengan busa. Hal ini ditujukan supaya panas yang dijadikan didalam headlamp kencang dibuang dengan mengoptimalkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Kiat dikala menghidupkan mesin motor matikan terutama dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan supaya tegangan aki yang drop karena dipakai guna stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula dikala ingin mematikan mesin matikan lampu terutama dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini ditujukan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yang aman bagi kelistrikan motor, aki yang tak tekor dan keawetan dari lampu HID sendiri karenanya sebagian hal penting yang perlu dilihat saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yang perlu dilihat saat memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yang mengaplikasikan fitur AHO.
- Ketiga, melihat spesifikasi lampu & ballast yang diaplikasikan.
- Keempat, mengembangkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada dikala kondisi yang benar serta mematikan lampu HID pada dikala yang benar pula sesuai dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian tips metode memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman apabila upgrade penerangan ke HID namun akan lebih mantab jikalau HID ini dipadukan dengan projector sebab cahaya akan semakin focus dan tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update tips serta trik terkini seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar