Cara Pasang Lampu Hid Motor
Cara Pasang Lampu Hid Motor
Kiat motor : metode memasang lampu HID pada motor yg benar supaya aman & awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen atau lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yang dibuat oleh lampu HID ini lebih terang dibandingkan lampu halogen dan lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg menggunakan serta menerapkan lampu HID ini, terpenting bila bikers kerap berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini benar-benar membantu untuk menerangi jalanan dikala malam hari.
Tapi karena pemasangan yg tak cocok prosedur serta kurang memperhatikan keadaan kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tidak awet & malah dapat merusak bagian kelistrikan yg lainnya. guna memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu diperhatikan merupakan metode kelistrikan apakah halfwave atau fullwave.
Jika kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tidak mudah tekor & arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan cara kelistrikan yg mendukung serta suplay arus yg juga mendorong maka lampu HID bisa berprofesi optimal & awet tentunya.
Sistem pemasangan lampu HID yang benar untuk motor injeksi & motor yg belum injeksi hakekatnya sama. Jikalau kelistrikan masih memakai sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih turut rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave yakni AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yang dihasikan telah full DC yg membuat aki tak tekor.
Alternative metode yg bisa dilakukan guna mengubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan menggunakan kiprok punya Honda tiger. Kecuali merubah metode kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki kalau kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Tetapi bila sudah tidak memungkinkan untuk diaplikasikan kembali ganti aki dengan yg baru karena mau menggunakan HID pilih aki dengan ukuran yg sama tetapi dengan AH yg lebih besar.
Tak kalah penting adalah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg menerapkan teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini dialamatkan supaya bobot kelistrikan pada baterai dikala pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Kalau tak memodifikasi fitur ini karenanya bobot baterai dikala melakukan stater cukup besar karena selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh sekiranya ini terus diizinkan maka aki akan cepat tekor padahal telah mengaplikasikan cara kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID guna keperluan harian perlu memAndang ballast dan lampu HID yg akan dipakai. guna ballast sebaiknya menerapkan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan maksimal ballast yg diterapkan 55 watt. Sekiranya sobat menerapkan ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak bendung dan dapat leleh.
untuk pemilihan lampu dapat menggunakan lampu HID dengan ukuran 4300 K serta maksimal lampu HID yang dipakai berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas seAndainya menggunakan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector dapat kalah serta menglupas yg mebuat cahaya menjadi tidak konsentrasi.
untuk mengoptimalkan sirkulasi udara maka lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas dan diganti dengan busa. Hal ini ditujukan supaya panas yang dibuat didalam headlamp pesat dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan terutama dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yg drop karena diaplikasikan guna stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat berharap mematikan mesin matikan lampu terutama dulu baru kemudian mesin motor dimatikan, hak ini dimaksudkan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tidak tekor & keawetan dari lampu HID sendiri karenanya beberapa hal penting yang perlu diamati saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yang perlu diperhatikan dikala memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yg menggunakan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu & ballast yang diaplikasikan.
- Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika kondisi yg benar & mematikan lampu HID pada saat yang benar pula layak dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian tips metode memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi /pun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman kalau upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab seKamuinya HID ini dipadukan dengan projector karena sinar akan semakin focus dan tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update kiat serta trik terbaru seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar