Cara Pasang Lampu Hid Mobilio
Cara Pasang Lampu Hid Mobilio
Kiat motor : metode memasang lampu HID pada motor yang benar supaya aman serta awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen atau lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yg dijadikan oleh lampu HID ini lebih jelas dibandingkan lampu halogen & lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg memakai dan menerapkan lampu HID ini, terutama jika bikers sering kali berkendara pada ketika malam hari tentu lampu HID ini sungguh-sungguh membantu untuk menerangi jalur dikala malam hari.
Namun sebab pemasangan yg tak cocok prosedur serta kurang memperhatikan situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet serta malahan dapat merusak komponen kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu diamati adalah metode kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Sekiranya kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tidak mudah tekor & arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan sistem kelistrikan yang mendukung serta suplay arus yang juga menunjang karenanya lampu HID bisa bekerja optimal serta awet tentunya.
Sistem pemasangan lampu HID yang benar guna motor injeksi serta motor yg belum injeksi sebetulnya sama. Jikalau kelistrikan masih menerapkan cara kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh sistem kelistrikan halfwave ialah AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan telah full DC yg membikin aki tidak tekor.
Alternative metode yg dapat dikerjakan untuk merubah metode kelistrikan dari halfwave ke fullwave adalah dengan mengaplikasikan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek keadaan dari aki.
Cek tegangan aki bila kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Melainkan kalau sudah tidak memungkinkan guna digunakan kembali ganti aki dengan yg baru karena mau menggunakan HID pilih aki dengan ukuran yang sama namun dengan AH yang lebih besar.
Tidak kalah penting yaitu pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg menerapkan teknologi AHO atau automatic headlamp on. Hal ini dimaksudkan supaya beban kelistrikan pada baterai saat pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Apabila tak memodifikasi fitur ini karenanya muatan baterai ketika melakukan stater cukup besar karena selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh seKamuinya ini terus dibiarkan karenanya aki akan kencang tekor meski sudah menerapkan metode kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID untuk keperluan harian perlu mengamati ballast serta lampu HID yang akan digunakan. guna ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt & maksimal ballast yang dipakai 55 watt. Bila sobat memakai ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung serta bisa leleh.
untuk pemilihan lampu bisa memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K dan optimal lampu HID yang diterapkan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas kalau menerapkan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector bisa kalah dan menglupas yang mebuat sinar menjadi tak fokus.
untuk memaksimalkan sirkulasi udara maka lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini ditujukan supaya panas yang dijadikan didalam headlamp kencang dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Kiat saat menghidupkan mesin motor matikan secara khusus dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan supaya tegangan aki yang drop sebab digunakan untuk stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula dikala berharap mematikan mesin matikan lampu khususnya dulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dimaksudkan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tak tekor dan keawetan dari lampu HID sendiri maka beberapa hal penting yang perlu dipAndang saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yang perlu diamati dikala memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik serta tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yang mengaplikasikan fitur AHO.
- Ketiga, memperhatikan spesifikasi lampu serta ballast yg diterapkan.
- Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada dikala situasi yang benar dan mematikan lampu HID pada dikala yang benar pula pantas dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian tips cara memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman kalau upgrade penerangan ke HID tetapi akan lebih mantab sekiranya HID ini dipadukan dengan projector karena cahaya akan semakin focus dan tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update kiat & trik terbaru seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar