Cara Pasang Lampu Hid Motor Scorpio
Cara Pasang Lampu Hid Motor Scorpio
Tips motor : sistem memasang lampu HID pada motor yg benar agar aman dan awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen atau lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yang dibuat oleh lampu HID ini lebih terang dibandingkan lampu halogen dan lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg menerapkan serta menggunakan lampu HID ini, terutamanya seKamuinya bikers tak jarang berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini benar-benar menolong untuk menerangi trek ketika malam hari.
Namun sebab pemasangan yg tak pantas prosedur dan kurang memperhatikan situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet & bahkan bisa merusak bagian kelistrikan yg lainnya. guna memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu dilihat merupakan sistem kelistrikan apakah halfwave atau fullwave.
Kalau kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tidak mudah tekor & arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan metode kelistrikan yg menyokong serta suplay arus yang juga menunjang karenanya lampu HID bisa berprofesi optimal serta awet tentunya.
Metode pemasangan lampu HID yang benar guna motor injeksi & motor yg belum injeksi sebenarnya sama. Kalau kelistrikan masih menggunakan sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih turut rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh metode kelistrikan halfwave yakni AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yg dihasikan telah full DC yang membikin aki tak tekor.
Alternative sistem yg bisa dikerjakan guna mengubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave adalah dengan memakai kiprok punya Honda tiger. Selain merubah cara kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek kondisi dari aki.
Cek tegangan aki bila kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Melainkan sekiranya telah tak memungkinkan untuk digunakan kembali ganti aki dengan yang baru sebab mau menerapkan HID pilih aki dengan ukuran yang sama namun dengan AH yang lebih besar.
Tidak keok penting ialah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang memakai teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini ditujukan agar bobot kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Jikalau tak memodifikasi fitur ini karenanya muatan baterai ketika menjalankan stater cukup besar sebab kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh seKamuinya ini terus diperbolehkan karenanya aki akan kencang tekor sedangkan sudah mengaplikasikan cara kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID untuk keperluan harian perlu melihat ballast & lampu HID yang akan diaplikasikan. guna ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan maksimal ballast yang diterapkan 55 watt. Jikalau sobat memakai ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak tahan serta dapat leleh.
untuk pemilihan lampu dapat menerapkan lampu HID dengan ukuran 4300 K serta optimal lampu HID yg diterapkan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas jika memakai lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector dapat keok serta menglupas yang mebuat cahaya menjadi tidak konsentrasi.
untuk mengoptimalkan peredaran udara karenanya lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas dan diganti dengan busa. Hal ini dialamatkan supaya panas yang dihasilkan didalam headlamp kencang dibuang dengan memaksimalkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Kiat saat menghidupkan mesin motor matikan terutama dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dimaksudkan supaya tegangan aki yg drop sebab digunakan guna stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula ketika berharap mematikan mesin matikan lampu terpenting dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dialamatkan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yang aman bagi kelistrikan motor, aki yg tak tekor dan keawetan dari lampu HID sendiri karenanya sebagian hal penting yang perlu diperhatikan ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diamati saat memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tidak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yg menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu & ballast yg dipakai.
- Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika situasi yg benar & mematikan lampu HID pada ketika yg benar pula sesuai dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian kiat sistem memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi ataupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman kalau upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab apabila HID ini dipadukan dengan projector sebab sinar akan kian focus serta tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update tips serta trik terupdate seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar