Skema Pasang Lampu Hid Motor
Skema Pasang Lampu Hid Motor
Kiat motor : cara memasang lampu HID pada motor yg benar agar aman dan awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen atau lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yg diwujudkan oleh lampu HID ini lebih jelas dibandingkan lampu halogen dan lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg memakai & memakai lampu HID ini, khususnya bila bikers kerap kali berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini sungguh-sungguh menolong untuk menerangi jalur ketika malam hari.
Tetapi sebab pemasangan yang tak cocok prosedur serta kurang mengamati kondisi kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tidak awet dan malah bisa merusak komponen kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yang perlu diamati ialah cara kelistrikan apakah halfwave atau fullwave.
Jikalau kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tidak mudah tekor & arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan metode kelistrikan yg menyokong serta suplay arus yg juga menunjang karenanya lampu HID bisa bekerja optimal dan awet tentunya.
Sistem pemasangan lampu HID yang benar guna motor injeksi dan motor yang belum injeksi sebenarnya sama. Apabila kelistrikan masih menerapkan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh sistem kelistrikan halfwave yaitu AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan sudah full DC yang membuat aki tidak tekor.
Alternative metode yang dapat dilakukan untuk merubah metode kelistrikan dari halfwave ke fullwave yakni dengan menerapkan kiprok punya Honda tiger. Kecuali mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki jikalau kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Namun bila telah tidak memungkinkan untuk dipakai kembali ganti aki dengan yg baru karena berkeinginan menggunakan HID pilih aki dengan ukuran yg sama tetapi dengan AH yg lebih besar.
Tidak kalah penting adalah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang memakai teknologi AHO maupun automatic headlamp on. Hal ini ditujukan supaya bobot kelistrikan pada baterai saat pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Kalau tidak memodifikasi fitur ini maka beban baterai dikala melaksanakan stater cukup besar sebab kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh jikalau ini terus diperkenankan karenanya aki akan kencang tekor meskipun sudah menggunakan cara kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID untuk kebutuhan harian perlu melihat ballast & lampu HID yang akan diterapkan. untuk ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan optimal ballast yang dipakai 55 watt. Jika sobat mengaplikasikan ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak bendung dan dapat leleh.
untuk pemilihan lampu bisa memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K serta maksimal lampu HID yg dipakai berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas jika menggunakan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector dapat kalah serta menglupas yang mebuat sinar menjadi tak konsentrasi.
untuk memaksimalkan sirkulasi udara maka lubang peredaran yang berada diheadlamp dilepas serta diganti dengan busa. Hal ini ditujukan agar panas yg dibuat didalam headlamp cepat dibuang dengan memaksimalkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan terutamanya dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dialamatkan supaya tegangan aki yang drop sebab dipakai untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat berkeinginan mematikan mesin matikan lampu terutama dulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini ditujukan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yang aman bagi kelistrikan motor, aki yg tidak tekor serta keawetan dari lampu HID sendiri karenanya sebagian hal penting yang perlu diperhatikan ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu dipAndang saat memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tidak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yg menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu & ballast yg digunakan.
- Keempat, mengembangkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika kondisi yg benar dan mematikan lampu HID pada ketika yg benar pula pantas dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian kiat cara memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi /pun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman sekiranya upgrade penerangan ke HID melainkan akan lebih mantab jika HID ini dipadukan dengan projector sebab sinar akan semakin focus serta tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update tips & trik terbaru seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar