Pasang Lampu Hid Xpander
Pasang Lampu Hid Xpander
Tips motor : sistem memasang lampu HID pada motor yang benar supaya aman & awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen atau lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID ini lebih jelas dibandingi lampu halogen dan lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang memakai & memakai lampu HID ini, terutama apabila bikers kerap kali berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini sungguh-sungguh menolong untuk menerangi jalur saat malam hari.
Tapi karena pemasangan yang tak sesuai prosedur dan kurang mengamati situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet & pun dapat merusak komponen kelistrikan yang lainnya. guna memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu dilihat yaitu metode kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Jikalau kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tidak gampang tekor & arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan cara kelistrikan yang mendukung serta suplay arus yang juga menyokong maka lampu HID dapat berprofesi optimal & awet tentunya.
Metode pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi dan motor yang belum injeksi sebenarnya sama. Apabila kelistrikan masih menggunakan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave yakni AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yg dihasikan sudah full DC yg membuat aki tak tekor.
Alternative cara yg bisa dikerjakan untuk mengubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave adalah dengan menerapkan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah cara kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek keadaan dari aki.
Cek tegangan aki kalau kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Namun jika telah tidak memungkinkan guna dipakai kembali ganti aki dengan yg baru sebab mau memakai HID pilih aki dengan ukuran yang sama tapi dengan AH yg lebih besar.
Tidak kalah penting yaitu pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang memakai teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini dialamatkan agar beban kelistrikan pada baterai dikala pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Sekiranya tidak memodifikasi fitur ini karenanya bobot baterai saat melakukan stater cukup besar sebab selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh kalau ini terus diperkenankan karenanya aki akan kencang tekor sedangkan telah menerapkan metode kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID untuk kebutuhan harian perlu memperhatikan ballast dan lampu HID yang akan diterapkan. guna ballast sebaiknya mengaplikasikan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt serta optimal ballast yg diterapkan 55 watt. Jikalau sobat memakai ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak tahan dan bisa leleh.
guna pemilihan lampu dapat memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K dan optimal lampu HID yg digunakan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas bila mengaplikasikan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector dapat kalah dan menglupas yang mebuat cahaya menjadi tidak fokus.
guna mengoptimalkan sirkulasi udara karenanya lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini dimaksudkan agar panas yg dijadikan didalam headlamp kencang dibuang dengan memaksimalkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan secara khusus dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yg drop sebab diterapkan untuk stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat berkeinginan mematikan mesin matikan lampu secara khusus dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini ditujukan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tidak tekor & keawetan dari lampu HID sendiri maka sebagian hal penting yang perlu diamati ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diamati dikala memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tidak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yang mengaplikasikan fitur AHO.
- Ketiga, memperhatikan spesifikasi lampu serta ballast yg diaplikasikan.
- Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada saat keadaan yang benar & mematikan lampu HID pada saat yang benar pula layak dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian kiat sistem memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan meniru kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman kalau upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab bila HID ini dipadukan dengan projector karena sinar akan kian focus & tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update kiat & trik terkini seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar