Pasang Lampu Hid Di Motor
Pasang Lampu Hid Di Motor
Tips motor : metode memasang lampu HID pada motor yang benar agar aman & awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen atau pun lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yg diciptakan oleh lampu HID ini lebih terang diperbandingkan lampu halogen dan lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang mengaplikasikan serta mengaplikasikan lampu HID ini, secara khusus jika bikers sering berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini benar-benar membantu guna menerangi jalur dikala malam hari.
Namun karena pemasangan yang tidak cocok prosedur dan kurang memperhatikan kondisi kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tidak awet & malahan bisa merusak komponen kelistrikan yang lainnya. guna memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu diamati adalah metode kelistrikan apakah halfwave atau pun fullwave.
Kalau kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tak mudah tekor serta arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan cara kelistrikan yang menyokong serta suplay arus yang juga mendorong karenanya lampu HID bisa berprofesi maksimal & awet tentunya.
Sistem pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi & motor yg belum injeksi sesungguhnya sama. Jika kelistrikan masih mengaplikasikan cara kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh metode kelistrikan halfwave ialah AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan telah full DC yg membikin aki tidak tekor.
Alternative metode yang bisa dikerjakan untuk mengubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan menerapkan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki sekiranya kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Melainkan seKamuinya telah tak memungkinkan untuk dipakai kembali ganti aki dengan yang baru karena berharap mengaplikasikan HID pilih aki dengan ukuran yg sama tetapi dengan AH yang lebih besar.
Tak kalah penting yaitu pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang memakai teknologi AHO atau pun automatic headlamp on. Hal ini dialamatkan agar beban kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Jikalau tidak memodifikasi fitur ini karenanya beban baterai ketika mengerjakan stater cukup besar sebab selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh jikalau ini terus diizinkan karenanya aki akan pesat tekor sedangkan sudah mengaplikasikan metode kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID untuk keperluan harian perlu memperhatikan ballast serta lampu HID yang akan dipakai. untuk ballast sebaiknya menerapkan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan maksimal ballast yang diterapkan 55 watt. Bila sobat mengaplikasikan ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak tahan & bisa leleh.
guna pemilihan lampu bisa mengaplikasikan lampu HID dengan ukuran 4300 K serta optimal lampu HID yang dipakai berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas jika mengaplikasikan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector bisa kalah & menglupas yang mebuat sinar menjadi tak konsentrasi.
untuk mengoptimalkan peredaran udara maka lubang sirkulasi yg berada diheadlamp dilepas serta diganti dengan busa. Hal ini ditujukan agar panas yg diciptakan didalam headlamp cepat dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan terlebih dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dimaksudkan supaya tegangan aki yang drop karena dipakai untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula dikala berharap mematikan mesin matikan lampu terlebih dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dimaksudkan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tidak tekor dan keawetan dari lampu HID sendiri maka beberapa hal penting yg perlu diperhatikan saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diamati ketika memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tidak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yg menggunakan fitur AHO.
- Ketiga, memAndang spesifikasi lampu dan ballast yang diterapkan.
- Keempat, memaksimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada dikala keadaan yang benar & mematikan lampu HID pada ketika yg benar pula sesuai dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian kiat metode memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman kalau upgrade penerangan ke HID tetapi akan lebih mantab bila HID ini dipadukan dengan projector sebab sinar akan semakin focus serta tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update kiat serta trik terkini seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar