Lampu Hid Mobil Pasang Di Motor
Lampu Hid Mobil Pasang Di Motor
Tips motor : metode memasang lampu HID pada motor yg benar agar aman & awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen / lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yang dihasilkan oleh lampu HID ini lebih jelas diperbandingkan lampu halogen & lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang memakai & menggunakan lampu HID ini, secara khusus kalau bikers acap kali berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini sungguh-sungguh membantu untuk menerangi jalur ketika malam hari.
Tetapi karena pemasangan yg tidak cocok prosedur dan kurang memperhatikan keadaan kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tidak awet & malah dapat merusak bagian kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yang perlu diamati yaitu metode kelistrikan apakah halfwave / fullwave.
Bila kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tak mudah tekor serta arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan metode kelistrikan yg mendukung serta suplay arus yg juga menunjang maka lampu HID dapat bekerja optimal dan awet tentunya.
Sistem pemasangan lampu HID yg benar guna motor injeksi serta motor yang belum injeksi hakekatnya sama. Apabila kelistrikan masih mengaplikasikan sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave ialah AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yg dihasikan telah full DC yg membuat aki tak tekor.
Alternative cara yg bisa dijalankan guna merubah metode kelistrikan dari halfwave ke fullwave yakni dengan menggunakan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki apabila kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Namun bila telah tidak memungkinkan untuk diterapkan kembali ganti aki dengan yang baru karena berkeinginan mengaplikasikan HID pilih aki dengan ukuran yg sama melainkan dengan AH yang lebih besar.
Tak kalah penting yakni pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg memakai teknologi AHO atau automatic headlamp on. Hal ini ditujukan supaya beban kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Jikalau tak memodifikasi fitur ini maka bobot baterai ketika menjalankan stater cukup besar sebab kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh sekiranya ini terus diizinkan maka aki akan cepat tekor sedangkan telah menggunakan metode kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID guna kebutuhan harian perlu mengamati ballast serta lampu HID yg akan dipakai. untuk ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan optimal ballast yang dipakai 55 watt. Bila sobat mengaplikasikan ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak bendung dan dapat leleh.
guna pemilihan lampu bisa menggunakan lampu HID dengan ukuran 4300 K & optimal lampu HID yang diaplikasikan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas apabila memakai lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector dapat keok & menglupas yg mebuat sinar menjadi tidak konsentrasi.
untuk mengoptimalkan peredaran udara maka lubang peredaran yang berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini ditujukan supaya panas yg dibuat didalam headlamp cepat dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan lebih-lebih dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yg drop sebab diterapkan guna stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula ketika mau mematikan mesin matikan lampu khususnya dulu baru kemudian mesin motor dimatikan, hak ini dialamatkan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tak tekor serta keawetan dari lampu HID sendiri karenanya sebagian hal penting yg perlu diperhatikan dikala memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu dipKamung ketika memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yang menggunakan fitur AHO.
- Ketiga, melihat spesifikasi lampu & ballast yg dipakai.
- Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika situasi yg benar serta mematikan lampu HID pada ketika yg benar pula cocok dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian kiat sistem memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman jika upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab bila HID ini dipadukan dengan projector sebab sinar akan kian focus & tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update tips dan trik terbaru seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar