Cara Pasang Lampu Hid Tanpa Ballast

Cara Pasang Lampu Hid Tanpa Ballast


 

Tips motor : sistem memasang lampu HID pada motor yang benar agar aman dan awet


Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen / lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yg dihasilkan oleh lampu HID ini lebih jelas dibandingi lampu halogen & lampu standar turunan motor.

 

Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang mengaplikasikan & menerapkan lampu HID ini, khususnya bila bikers sering berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini benar-benar menolong guna menerangi trek ketika malam hari.

 

Tapi sebab pemasangan yang tak pantas prosedur dan kurang melihat situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tidak awet & malah dapat merusak bagian kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yang perlu diamati adalah cara kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.

 

Bila kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tidak gampang tekor & arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan sistem kelistrikan yang mensupport serta suplay arus yang juga mensupport maka lampu HID dapat bekerja maksimal & awet tentunya.

 

Sistem pemasangan lampu HID yang benar guna motor injeksi & motor yang belum injeksi hakekatnya sama. Bila kelistrikan masih menggunakan cara kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh metode kelistrikan halfwave ialah AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yg dihasikan telah full DC yang membikin aki tidak tekor.

 

Alternative metode yang dapat dilaksanakan guna merubah metode kelistrikan dari halfwave ke fullwave adalah dengan memakai kiprok punya Honda tiger. Kecuali merubah cara kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek keadaan dari aki.

 

Cek tegangan aki kalau kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Melainkan jika telah tidak memungkinkan untuk digunakan kembali ganti aki dengan yang baru karena berkeinginan mengaplikasikan HID pilih aki dengan ukuran yg sama tetapi dengan AH yg lebih besar.

 

Tidak kalah penting yakni pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang menggunakan teknologi AHO atau automatic headlamp on. Hal ini ditujukan agar muatan kelistrikan pada baterai dikala pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.

 

Apabila tidak memodifikasi fitur ini karenanya beban baterai dikala melaksanakan stater cukup besar karena kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh kalau ini terus dibiarkan karenanya aki akan cepat tekor meski sudah memakai sistem kelistrikan fullwave.

 

untuk pemasangan lampu HID guna keperluan harian perlu memAndang ballast serta lampu HID yang akan dipakai. guna ballast sebaiknya menggunakan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt serta optimal ballast yang dipakai 55 watt. Sekiranya sobat memakai ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak bendung dan bisa leleh.

 

guna pemilihan lampu bisa memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K serta optimal lampu HID yg diaplikasikan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas jikalau menggunakan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector dapat keok dan menglupas yg mebuat cahaya menjadi tidak konsentrasi.

 

untuk mengembangkan sirkulasi udara karenanya lubang sirkulasi yg berada diheadlamp dilepas serta diganti dengan busa. Hal ini ditujukan supaya panas yg dibuat didalam headlamp pesat dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.

 

Kiat dikala menghidupkan mesin motor matikan khususnya dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yg drop karena diaplikasikan guna stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula dikala ingin mematikan mesin matikan lampu secara khusus dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini ditujukan guna menjaga keawetan ballast.

 

Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yg tak tekor & keawetan dari lampu HID sendiri maka sebagian hal penting yang perlu diamati dikala memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.

Hal yg perlu dilihat ketika memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :



  1. Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tak kurang dari 12 volt.

  2. Kedua, membuat saklar lampu pada motor yg memakai fitur AHO.

  3. Ketiga, memKamung spesifikasi lampu & ballast yg dipakai.

  4. Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.

  5. Kelima, menyalakan lampu pada ketika keadaan yg benar & mematikan lampu HID pada ketika yang benar pula cocok dengan pembahasan yang ada diatas.


Sekian tips metode memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan meniru kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman apabila upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab kalau HID ini dipadukan dengan projector karena cahaya akan kian focus dan tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update tips serta trik terupdate seputer dunia otomotif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasang Lampu Hid Tanpa Ballast

Lampu Hid Tanpa Ballast

Cara Pasang Lampu Hid Motor Beat Karbu