Cara Pasang Lampu Hid Pakai Relay
Cara Pasang Lampu Hid Pakai Relay
Kiat motor : cara memasang lampu HID pada motor yg benar supaya aman serta awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen / lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yg dibuat oleh lampu HID ini lebih jelas dibandingi lampu halogen dan lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg menggunakan & menggunakan lampu HID ini, terlebih kalau bikers kerap kali berkendara pada ketika malam hari tentu lampu HID ini amat menolong untuk menerangi jalanan ketika malam hari.
Tetapi karena pemasangan yang tidak sesuai prosedur serta kurang melihat kondisi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tidak awet serta malahan bisa merusak bagian kelistrikan yang lainnya. guna memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yang perlu dipKamung merupakan sistem kelistrikan apakah halfwave / fullwave.
Sekiranya kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tidak gampang tekor dan arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan sistem kelistrikan yg mendorong serta suplay arus yg juga menunjang maka lampu HID dapat berprofesi maksimal serta awet tentunya.
Cara pemasangan lampu HID yang benar guna motor injeksi serta motor yang belum injeksi sebetulnya sama. Jika kelistrikan masih menggunakan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave yakni AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yg dihasikan telah full DC yang membuat aki tak tekor.
Alternative sistem yang dapat dijalankan guna merubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave ialah dengan memakai kiprok punya Honda tiger. Kecuali mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki jika kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Melainkan sekiranya sudah tidak memungkinkan untuk diaplikasikan kembali ganti aki dengan yang baru karena berkeinginan mengaplikasikan HID pilih aki dengan ukuran yang sama tetapi dengan AH yang lebih besar.
Tidak kalah penting yakni pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg menggunakan teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini dialamatkan agar beban kelistrikan pada baterai dikala pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Jika tidak memodifikasi fitur ini maka beban baterai saat melaksanakan stater cukup besar karena kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh apabila ini terus dibiarkan maka aki akan cepat tekor walaupun sudah memakai sistem kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID untuk kebutuhan harian perlu memAndang ballast dan lampu HID yang akan diaplikasikan. untuk ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt & optimal ballast yang diaplikasikan 55 watt. Bila sobat menerapkan ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak bendung serta dapat leleh.
untuk pemilihan lampu bisa menerapkan lampu HID dengan ukuran 4300 K & optimal lampu HID yg diaplikasikan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas kalau mengaplikasikan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector dapat kalah serta menglupas yg mebuat cahaya menjadi tidak fokus.
guna mengembangkan sirkulasi udara karenanya lubang sirkulasi yg berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini ditujukan agar panas yang dijadikan didalam headlamp kencang dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan terlebih dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dimaksudkan agar tegangan aki yang drop karena diterapkan untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula ketika mau mematikan mesin matikan lampu terpenting dulu baru kemudian mesin motor dimatikan, hak ini dimaksudkan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yang aman bagi kelistrikan motor, aki yg tak tekor dan keawetan dari lampu HID sendiri maka beberapa hal penting yang perlu dilihat ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diamati saat memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yang menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu serta ballast yg diterapkan.
- Keempat, memaksimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada dikala kondisi yg benar dan mematikan lampu HID pada saat yg benar pula layak dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian kiat metode memasang lampu HID yg pada sepeda motor injeksi /pun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman kalau upgrade penerangan ke HID tapi akan lebih mantab seAndainya HID ini dipadukan dengan projector karena sinar akan semakin focus dan tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update kiat & trik terupdate seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar