Pasang Lampu Hid Pake Relay
Pasang Lampu Hid Pake Relay
Tips motor : metode memasang lampu HID pada motor yang benar agar aman & awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen atau pun lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yg diwujudkan oleh lampu HID ini lebih jelas diperbandingkan lampu halogen & lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang menggunakan dan mengaplikasikan lampu HID ini, terlebih jika bikers tak jarang berkendara pada dikala malam hari tentu lampu HID ini benar-benar menolong guna menerangi trek saat malam hari.
Tapi sebab pemasangan yg tidak cocok prosedur serta kurang mengamati keadaan kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet dan bahkan bisa merusak bagian kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu dipAndang ialah metode kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Jikalau kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tak gampang tekor & arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan sistem kelistrikan yg mensupport serta suplay arus yang juga mendorong karenanya lampu HID dapat berprofesi maksimal dan awet tentunya.
Cara pemasangan lampu HID yg benar guna motor injeksi serta motor yang belum injeksi sesungguhnya sama. Jikalau kelistrikan masih mengaplikasikan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih turut rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh metode kelistrikan halfwave merupakan AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yg dihasikan sudah full DC yg membikin aki tak tekor.
Alternative metode yg dapat dikerjakan untuk merubah sistem kelistrikan dari halfwave ke fullwave yakni dengan menggunakan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah cara kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.
Cek tegangan aki seKamuinya kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Namun jika telah tidak memungkinkan guna digunakan kembali ganti aki dengan yg baru karena mau menerapkan HID pilih aki dengan ukuran yang sama namun dengan AH yg lebih besar.
Tak kalah penting merupakan pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg menerapkan teknologi AHO maupun automatic headlamp on. Hal ini dimaksudkan agar bobot kelistrikan pada baterai saat pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Sekiranya tak memodifikasi fitur ini karenanya bobot baterai saat melaksanakan stater cukup besar karena kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh bila ini terus dibolehkan maka aki akan kencang tekor walaupun telah menerapkan cara kelistrikan fullwave.
untuk pemasangan lampu HID guna kebutuhan harian perlu memKamung ballast serta lampu HID yg akan diterapkan. guna ballast sebaiknya mengaplikasikan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt & optimal ballast yang digunakan 55 watt. Apabila sobat mengaplikasikan ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung dan dapat leleh.
guna pemilihan lampu bisa memakai lampu HID dengan ukuran 4300 K dan optimal lampu HID yang digunakan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas jika mengaplikasikan lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector dapat keok dan menglupas yg mebuat cahaya menjadi tak konsentrasi.
guna mengoptimalkan peredaran udara karenanya lubang peredaran yg berada diheadlamp dilepas dan diganti dengan busa. Hal ini dimaksudkan agar panas yg diciptakan didalam headlamp pesat dibuang dengan mengembangkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan terlebih dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dialamatkan agar tegangan aki yg drop karena dipakai guna stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula ketika berharap mematikan mesin matikan lampu secara khusus dahulu baru kemudian mesin motor dimatikan, hak ini ditujukan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tidak tekor serta keawetan dari lampu HID sendiri karenanya beberapa hal penting yg perlu diperhatikan ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yang perlu diamati saat memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik serta tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yang menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, melihat spesifikasi lampu dan ballast yang digunakan.
- Keempat, mengembangkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika kondisi yang benar dan mematikan lampu HID pada saat yg benar pula cocok dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian tips sistem memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi /pun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman bila upgrade penerangan ke HID melainkan akan lebih mantab jika HID ini dipadukan dengan projector karena cahaya akan semakin focus dan tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat dapat update tips & trik terkini seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar