Pasang Lampu Hid Di Vario 125

Pasang Lampu Hid Di Vario 125


 

Kiat motor : cara memasang lampu HID pada motor yg benar agar aman dan awet


Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen / lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yang diwujudkan oleh lampu HID ini lebih jelas diperbandingkan lampu halogen & lampu standar bawaan motor.

 

Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang mengaplikasikan & menerapkan lampu HID ini, terlebih apabila bikers sering kali berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini betul-betul menolong guna menerangi jalur dikala malam hari.

 

Namun sebab pemasangan yg tidak pantas prosedur dan kurang mengamati keadaan kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet serta malahan dapat merusak bagian kelistrikan yg lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini komponen yg perlu diperhatikan ialah cara kelistrikan apakah halfwave atau pun fullwave.

 

Bila kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tak gampang tekor dan arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan cara kelistrikan yang menyokong serta suplay arus yg juga mensupport maka lampu HID bisa bekerja maksimal dan awet tentunya.

 

Sistem pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi serta motor yg belum injeksi hakekatnya sama. Jikalau kelistrikan masih menggunakan sistem kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh sistem kelistrikan halfwave yakni AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yang dihasikan sudah full DC yg membikin aki tak tekor.

 

Alternative metode yg dapat dilakukan guna mengubah sistem kelistrikan dari halfwave ke fullwave yakni dengan memakai kiprok punya Honda tiger. Kecuali mengubah metode kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek situasi dari aki.

 

Cek tegangan aki seKamuinya kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Tetapi sekiranya telah tidak memungkinkan guna dipakai kembali ganti aki dengan yang baru karena berharap menggunakan HID pilih aki dengan ukuran yang sama tetapi dengan AH yg lebih besar.

 

Tak kalah penting ialah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg mengaplikasikan teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini ditujukan supaya bobot kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.

 

Bila tak memodifikasi fitur ini maka muatan baterai dikala melakukan stater cukup besar sebab kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh jika ini terus diizinkan maka aki akan kencang tekor meskipun telah memakai cara kelistrikan fullwave.

 

untuk pemasangan lampu HID guna kebutuhan harian perlu memperhatikan ballast & lampu HID yang akan diaplikasikan. untuk ballast sebaiknya menerapkan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt serta optimal ballast yg digunakan 55 watt. Jika sobat memakai ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tidak tahan dan dapat leleh.

 

guna pemilihan lampu dapat menggunakan lampu HID dengan ukuran 4300 K serta maksimal lampu HID yg digunakan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas bila memakai lampu diatas 6000 K karenanya mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector bisa kalah & menglupas yang mebuat cahaya menjadi tidak fokus.

 

untuk memaksimalkan sirkulasi udara maka lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas dan diganti dengan busa. Hal ini dimaksudkan agar panas yg dihasilkan didalam headlamp cepat dibuang dengan memaksimalkan fungsi ventilasi yang berada pada headlamp motor bikers.

 

Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan lebih-lebih dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini dimaksudkan supaya tegangan aki yang drop sebab digunakan untuk stater kembali normal setelah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat ingin mematikan mesin matikan lampu terlebih dahulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dimaksudkan guna menjaga keawetan ballast.

 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tidak tekor serta keawetan dari lampu HID sendiri karenanya sebagian hal penting yg perlu dilihat saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.

Hal yg perlu dipAndang saat memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :



  1. Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.

  2. Kedua, membikin saklar lampu pada motor yang memakai fitur AHO.

  3. Ketiga, melihat spesifikasi lampu & ballast yg digunakan.

  4. Keempat, mengoptimalkan lubang ventilasi headlamp.

  5. Kelima, menyalakan lampu pada ketika keadaan yg benar & mematikan lampu HID pada saat yg benar pula sesuai dengan pembahasan yg ada diatas.


Sekian tips metode memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman bila upgrade penerangan ke HID melainkan akan lebih mantab apabila HID ini dipadukan dengan projector karena cahaya akan semakin focus & tak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update tips & trik terbaru seputer dunia otomotif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pasang Lampu Hid Tanpa Ballast

Lampu Hid Tanpa Ballast

Cara Pasang Lampu Hid Motor Beat Karbu