Lampu Hid Motor Supra X 125
Lampu Hid Motor Supra X 125
Kiat motor : metode memasang lampu HID pada motor yg benar agar aman dan awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen / lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yang dijadikan oleh lampu HID ini lebih terang dibandingkan lampu halogen dan lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg menggunakan dan menerapkan lampu HID ini, terutamanya jikalau bikers sering berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini amat membantu untuk menerangi trek ketika malam hari.
Melainkan karena pemasangan yang tidak cocok prosedur dan kurang memperhatikan situasi kelistrikan motor membuat lampu HID menjadi tak awet & bahkan dapat merusak bagian kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu diperhatikan merupakan cara kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Apabila kelistrikan pada motor sobat masih halfwave karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tidak mudah tekor dan arus listrik yang mengalir lebih stabil. Dengan cara kelistrikan yg mendorong serta suplay arus yg juga mensupport karenanya lampu HID bisa bekerja maksimal serta awet tentunya.
Cara pemasangan lampu HID yg benar untuk motor injeksi dan motor yang belum injeksi hakekatnya sama. Sekiranya kelistrikan masih memakai cara kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut serta rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh metode kelistrikan halfwave adalah AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan sudah full DC yg membikin aki tidak tekor.
Alternative sistem yang bisa dilakukan guna merubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan menerapkan kiprok punya Honda tiger. Selain mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek kondisi dari aki.
Cek tegangan aki seAndainya kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Namun bila sudah tidak memungkinkan guna digunakan kembali ganti aki dengan yang baru karena mau mengaplikasikan HID pilih aki dengan ukuran yg sama tetapi dengan AH yang lebih besar.
Tidak kalah penting yakni pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yg mengaplikasikan teknologi AHO atau pun automatic headlamp on. Hal ini dimaksudkan supaya muatan kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
Sekiranya tidak memodifikasi fitur ini karenanya muatan baterai ketika melaksanakan stater cukup besar sebab selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh sekiranya ini terus diperbolehkan karenanya aki akan pesat tekor sedangkan telah menerapkan metode kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID guna keperluan harian perlu memAndang ballast dan lampu HID yang akan dipakai. guna ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt serta optimal ballast yg diterapkan 55 watt. Jika sobat menerapkan ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung dan dapat leleh.
untuk pemilihan lampu dapat menggunakan lampu HID dengan ukuran 4300 K dan optimal lampu HID yg dipakai berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas jika memakai lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan gampang retak – retak tipis seperti rambut. Selain itu juga chrome reflector bisa keok & menglupas yang mebuat cahaya menjadi tak fokus.
guna mengoptimalkan peredaran udara maka lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas & diganti dengan busa. Hal ini dimaksudkan supaya panas yg dibuat didalam headlamp pesat dibuang dengan memaksimalkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan khususnya dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yang drop karena dipakai untuk stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula saat ingin mematikan mesin matikan lampu terpenting dulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dimaksudkan guna menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yang tidak tekor serta keawetan dari lampu HID sendiri maka sebagian hal penting yg perlu dilihat ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yg perlu diperhatikan ketika memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membikin saklar lampu pada motor yang menggunakan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu dan ballast yg diterapkan.
- Keempat, mengembangkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika situasi yang benar serta mematikan lampu HID pada ketika yang benar pula pantas dengan pembahasan yg ada diatas.
Sekian kiat cara memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi ataupun belum injeksi. Insyaallah dengan mencontoh tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman sekiranya upgrade penerangan ke HID melainkan akan lebih mantab kalau HID ini dipadukan dengan projector sebab sinar akan semakin focus & tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update tips serta trik terupdate seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar