Cara Pasang Lampu Hid Pada Motor X Ride
Cara Pasang Lampu Hid Pada Motor X Ride
Tips motor : sistem memasang lampu HID pada motor yg benar agar aman & awet
Alasan lampu HID dipilih untuk dipasang menggantikan lampu halogen atau pun lampu standar motor dikarenakan pancaran sinar yang dibuat oleh lampu HID ini lebih terang diperbandingkan lampu halogen serta lampu standar turunan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yg memakai serta mengaplikasikan lampu HID ini, secara khusus jika bikers sering berkendara pada ketika malam hari tentu lampu HID ini betul-betul menolong untuk menerangi jalur ketika malam hari.
Tetapi sebab pemasangan yang tidak sesuai prosedur serta kurang melihat situasi kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tak awet serta malah bisa merusak komponen kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yg perlu dipAndang adalah cara kelistrikan apakah halfwave / fullwave.
Apabila kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya aki motor sobat tidak gampang tekor serta arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan cara kelistrikan yang menyokong serta suplay arus yang juga mensupport maka lampu HID bisa bekerja optimal & awet tentunya.
Metode pemasangan lampu HID yang benar untuk motor injeksi dan motor yg belum injeksi sebetulnya sama. Sekiranya kelistrikan masih menerapkan cara kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut rpm mesin ) arus yg dihasilak oleh cara kelistrikan halfwave ialah AC maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave supaya listrik yang dihasikan sudah full DC yang membikin aki tak tekor.
Alternative cara yg bisa dijalankan untuk mengubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan mengaplikasikan kiprok punya Honda tiger. Kecuali mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek keadaan dari aki.
Cek tegangan aki apabila kurang dari 12 volt maka perlu dicas. Namun jikalau telah tidak memungkinkan guna diaplikasikan kembali ganti aki dengan yg baru sebab ingin memakai HID pilih aki dengan ukuran yg sama melainkan dengan AH yg lebih besar.
Tak kalah penting ialah pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang mengaplikasikan teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini ditujukan supaya bobot kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tidak terlalu berat.
Kalau tak memodifikasi fitur ini maka bobot baterai saat menjalankan stater cukup besar sebab kecuali mengirim arus ke baterai juga mengirim arus untuk menghidupkan lampu HID. Nahh apabila ini terus diizinkan maka aki akan pesat tekor sedangkan sudah memakai cara kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID untuk kebutuhan harian perlu melihat ballast dan lampu HID yg akan dipakai. untuk ballast sebaiknya memakai ballast denga spesifikasi minimal 35 watt dan maksimal ballast yg dipakai 55 watt. Bila sobat menerapkan ballast yg terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung serta bisa leleh.
untuk pemilihan lampu bisa mengaplikasikan lampu HID dengan ukuran 4300 K serta maksimal lampu HID yang digunakan berukuran 6000 K. hasil pancaran cahaya dari lampu HID ini cukup panas jika menggunakan lampu diatas 6000 K karenanya mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector bisa keok dan menglupas yg mebuat cahaya menjadi tak fokus.
untuk mengoptimalkan peredaran udara karenanya lubang sirkulasi yang berada diheadlamp dilepas dan diganti dengan busa. Hal ini dialamatkan agar panas yg dihasilkan didalam headlamp pesat dibuang dengan memaksimalkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Kiat ketika menghidupkan mesin motor matikan lebih-lebih dahulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yang drop karena digunakan untuk stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula dikala ingin mematikan mesin matikan lampu terpenting dulu baru kemudian mesin motor dimatikan, hak ini ditujukan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa guna memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yg tak tekor dan keawetan dari lampu HID sendiri maka beberapa hal penting yg perlu diperhatikan ketika memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yang perlu diamati ketika memasang lampu HID yang benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik & tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yang menerapkan fitur AHO.
- Ketiga, melihat spesifikasi lampu serta ballast yang digunakan.
- Keempat, memaksimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika kondisi yang benar serta mematikan lampu HID pada saat yg benar pula sesuai dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian kiat sistem memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupunpun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti tips dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman jikalau upgrade penerangan ke HID tetapi akan lebih mantab sekiranya HID ini dipadukan dengan projector karena cahaya akan semakin focus & tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update tips dan trik terkini seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar