Cara Pasang Lampu Hid Di Motor Gl
Cara Pasang Lampu Hid Di Motor Gl
Tips motor : sistem memasang lampu HID pada motor yg benar agar aman & awet
Alasan lampu HID dipilih guna dipasang menggantikan lampu halogen atau lampu standar motor dikarenakan pancaran cahaya yg dihasilkan oleh lampu HID ini lebih jelas diperbandingkan lampu halogen & lampu standar bawaan motor.
Dengan keunggulan itulah banyak bikers motor yang mengaplikasikan dan menggunakan lampu HID ini, terpenting kalau bikers sering kali berkendara pada saat malam hari tentu lampu HID ini amat membantu untuk menerangi trek ketika malam hari.
Tapi karena pemasangan yg tidak sesuai prosedur serta kurang mengamati situasi kelistrikan motor membikin lampu HID menjadi tak awet dan pun dapat merusak bagian kelistrikan yang lainnya. untuk memodifikasi motor dengan lampu HID ini bagian yang perlu diperhatikan yakni sistem kelistrikan apakah halfwave maupun fullwave.
Sekiranya kelistrikan pada motor sobat masih halfwave maka perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar aki motor sobat tak mudah tekor & arus listrik yg mengalir lebih stabil. Dengan metode kelistrikan yang menunjang serta suplay arus yg juga menyokong maka lampu HID dapat berprofesi maksimal & awet tentunya.
Metode pemasangan lampu HID yg benar guna motor injeksi dan motor yg belum injeksi sebetulnya sama. Bila kelistrikan masih menerapkan metode kelistrikan halfwave ( lampu depan masih ikut rpm mesin ) arus yang dihasilak oleh metode kelistrikan halfwave yaitu AC karenanya perlu dimodifikasi menjadi fullwave agar listrik yang dihasikan telah full DC yg membikin aki tidak tekor.
Alternative metode yang dapat dikerjakan untuk mengubah cara kelistrikan dari halfwave ke fullwave yaitu dengan menggunakan kiprok punya Honda tiger. Kecuali mengubah sistem kelistrikan menjadi fullwave, sobat juga musti mengecek keadaan dari aki.
Cek tegangan aki sekiranya kurang dari 12 volt karenanya perlu dicas. Namun apabila sudah tak memungkinkan guna dipakai kembali ganti aki dengan yang baru sebab berkeinginan mengaplikasikan HID pilih aki dengan ukuran yang sama melainkan dengan AH yg lebih besar.
Tidak kalah penting yakni pemasangan saklar lampu depan pada motor injeksi yang memakai teknologi AHO / automatic headlamp on. Hal ini ditujukan agar bobot kelistrikan pada baterai ketika pertama kali menghidupkan mesin tak terlalu berat.
SeAndainya tak memodifikasi fitur ini maka beban baterai ketika melaksanakan stater cukup besar sebab selain mengirim arus ke baterai juga mengirim arus guna menghidupkan lampu HID. Nahh seKamuinya ini terus diizinkan karenanya aki akan cepat tekor walaupun sudah menggunakan cara kelistrikan fullwave.
guna pemasangan lampu HID untuk keperluan harian perlu melihat ballast dan lampu HID yg akan diaplikasikan. untuk ballast sebaiknya mengaplikasikan ballast denga spesifikasi minimal 35 watt serta optimal ballast yang digunakan 55 watt. Jika sobat menggunakan ballast yang terlalu besar akan mengakibatkan reflector lampu sobat tak bendung serta bisa leleh.
untuk pemilihan lampu bisa mengaplikasikan lampu HID dengan ukuran 4300 K dan maksimal lampu HID yang diaplikasikan berukuran 6000 K. hasil pancaran sinar dari lampu HID ini cukup panas bila memakai lampu diatas 6000 K maka mika reflector depan mudah retak – retak tipis seperti rambut. Kecuali itu juga chrome reflector bisa kalah dan menglupas yang mebuat sinar menjadi tak konsentrasi.
untuk mengembangkan peredaran udara karenanya lubang sirkulasi yg berada diheadlamp dilepas dan diganti dengan busa. Hal ini dimaksudkan agar panas yang dihasilkan didalam headlamp cepat dibuang dengan memaksimalkan fungsi ventilasi yg berada pada headlamp motor bikers.
Tips dikala menghidupkan mesin motor matikan khususnya dulu saklar lampu depan, kemudian baru hidupkan lampu depan selang 3- 5 menit kemudian. Hal ini ditujukan agar tegangan aki yg drop karena diaplikasikan untuk stater kembali normal sesudah 3 – 5 menit mesin dihidupkan. Demikian pula dikala ingin mematikan mesin matikan lampu terutamanya dulu baru kemudian mesin motor dinonaktifkan, hak ini dimaksudkan untuk menjaga keawetan ballast.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk memasang lampu HID yg aman bagi kelistrikan motor, aki yg tidak tekor serta keawetan dari lampu HID sendiri maka beberapa hal penting yg perlu diperhatikan saat memasang lampu HID pada sepeda motor sobat.
Hal yang perlu diamati ketika memasang lampu HID yg benar pada sepeda motor sobat :
- Pertama, kesetabilan suplai arus listrik dan tegangan arus tak kurang dari 12 volt.
- Kedua, membuat saklar lampu pada motor yang menggunakan fitur AHO.
- Ketiga, mengamati spesifikasi lampu & ballast yang diterapkan.
- Keempat, memaksimalkan lubang ventilasi headlamp.
- Kelima, menyalakan lampu pada ketika keadaan yg benar dan mematikan lampu HID pada saat yg benar pula sesuai dengan pembahasan yang ada diatas.
Sekian tips sistem memasang lampu HID yang pada sepeda motor injeksi maupun belum injeksi. Insyaallah dengan mengikuti kiat dari zonaotomotif diatas, kelistrikan dari motor sobat akan aman apabila upgrade penerangan ke HID namun akan lebih mantab bila HID ini dipadukan dengan projector karena sinar akan kian focus & tidak menyebar. Stay terus di web kami disini sobat bisa update kiat serta trik terupdate seputer dunia otomotif.
Komentar
Posting Komentar